Kenali Beberapa Penyebab dari Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Kenali Beberapa Penyebab dari Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

muncul flek hitam sebelum haid sering terjadi pada hampir semua wanita. Namun flek coklat bisa disebabkan oleh kondisi dan penyakit tertentu, jadi jangan anggap enteng kondisi ini.

Flek coklat atau bercak darah biasanya muncul pada awal atau akhir haid Anda. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini normal dan tidak berbahaya. Namun untuk mengetahui secara lengkap, berikut ini beberapa penyebab dari kemunculan flek coklat yang terjadi sebelum haid.

Penyebab Kemunculan Flek Coklat Sebelum Haid

Kenali Beberapa Penyebab dari Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Namun, jika flek coklat muncul terus menerus dan disertai dengan gejala lain, bisa jadi itu merupakan tanda dari kondisi medis tertentu. Ada beberapa penyebab munculnya flek coklat menjelang haid, antara lain :

1. Stres

Stres dapat mengganggu kadar hormon dalam tubuh Anda, termasuk yang memengaruhi siklus menstruasi Anda. Hal ini dapat menyebabkan munculnya flek coklat sebelum menstruasi. Stres sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Banyak pemicu daripada stres ini. Untuk itu sebisa mungkin Anda harus mengontrol pikiran Anda agar tidak terlalu stres.

2. Kehamilan

Flek coklat pramenstruasi juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Umumnya flek coklat muncul pada trimester pertama kehamilan dan paling sering terjadi pada minggu ke 6-7 kehamilan. Namun, jika munculnya flek coklat disertai dengan kram perut dan perdarahan yang lebih banyak dari siklus menstruasi biasa, bisa jadi ini merupakan tanda keguguran.

3. Perimenopause

Flek coklat pramenstruasi juga bisa muncul saat peralihan menuju menopause sekitar usia 40 tahun. Hal ini bisa disebabkan oleh penurunan jumlah estrogen yang juga memengaruhi siklus menstruasi.

4. Efek samping kontrasepsi

Mengkonsumsi pil KB juga diketahui dapat menyebabkan flek coklat yang tidak beraturan. Selain pil KB, pil KB lain yang dapat menyebabkan flek coklat adalah IUD atau pil KB spiral. Anda harus memperhatikan apakah penggunaan pil tersebut menjadi penyebab daripada munculnya flek coklat yang terjadi.

5. Infeksi

Infeksi organ kewanitaan seperti penyakit menular seksual, infeksi jamur, dan infeksi HPV juga bisa menyebabkan flek coklat menjelang menstruasi. Tidak hanya itu, kondisi tersebut biasanya disertai dengan gejala lain seperti vagina gatal dan nyeri, nyeri setelah berhubungan, serta bau tak sedap yang keluar dari vagina.

 

Hal yang Harus Diperhatikan dari Munculnya Flek Coklat Sebelum  Haid

Ini bukan kondisi yang berbahaya, tetapi jika Anda mengalami flek coklat sebelum menstruasi, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, jika kondisi tersebut disertai dengan gejala lain seperti rasa panas atau gatal setelah berhubungan, atau pendarahan.

Selain itu juga bisa di catat setiap kali mengalami flek coklat sebelum haid. Jika Anda memiliki keluhan lain dengan munculnya flek coklat pramenstruasi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai.

Kemudian, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko flek coklat sebelum terjadinya haid.

  1. Menjaga berat badan
  2. Hindari stress
  3. Makan-makanan yang sehat dan bergizi
  4. Mengubah kontrasepsi yang direkomendasikan atau menggunakan kontrasepsi oral
  5. Pola tidur yang cukup

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab dari adanya kemunculan flek coklat sebelum haid. Seperti yang telah artikel ini jelaskan bahwa kondisi ini bukanlah suatu kondisi yang berbahaya. Namun tidak ada salahnya untuk Anda mendatangi dokter dan melakukan konsultasi untuk meminilaisir adanya resiko dari penyakit lainnya yang menimbulkan kemunculan flek coklat agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *